Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

Startuppedia : Buku panduan wajib untuk para calon co-founder

Biografi Technopreneurship Startup

Rating : (142)
Ulasan mengenai buku Startup pedia yang dibuat oleh CEO Fenox, sebuah perusahaan investor ventura yang mendanai ratusan bisnis startup.




Kali ini Grevia akan berbagi info penting yang wajib Anda simak. StartupPedia akhir-akhir memang sedang jadi sorotan khususnya di kalangan entretpreneur muda. StartupPedia adalah sebuah buku panduan yang sangat bermanfaat bagi Anda para pelaku bisnis startup. StartupPedia dibuat oleh sebuah perusahaan modal ventura yang bernama Fenox VC.

Buku panduan bisnis startup ini secara resmi diluncurkan pada hari Senin(4/5/2015) kemarin di The Energy Building, Jakarta. Buku ini dibuat oleh pendiri Fenox, yaitu Anis Uzzaman. Kini buku panduan khusus ini telah tersaji dalam dua pilihan bahasa, selain Bahasa Indonesia, yaitu Bahasa Jepang dan Korea. Buku ini digadang-gadang sebagai buku panduan bisnis startup pertama di Indonesia dan dunia.

Anis mengulas hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan startup secara detail melalui StartupPedia ini. Beliau juga membahas serta mengevaluasi beberapa alasan kegagalan yang umum terjadi ketika sedang merintis industri startup. Semua materi dalam buku ini terinspirasi dari pengalaman-pengalaman seorang Anis Uzzaman  sebagai investor selama bertahun-tahun. Anis telah melakukan lebih dari 50 kali investasi di perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat, negara-negara di kawasan Asia Tenggara, dan Jepang.

Salah satu alasan Anis meluncurkan buku panduan StartupPedia ini adalah beliau melihat bahwa bisnis startup di Indonesia sedang berkembang dan berpotensi menjadi fenomena bisnis yang masif. Anak-anak muda Indonesia juga terlihat sangat antusias untuk menjajaki jenis bisnis yang satu ini.

Hal ini dapat dilihat banyaknya entrepreneur muda Indonesia yang enggan untuk sibuk di meja kantor, melainkan lebih memilih untuk merintis sebuah startup buatan sendiri. Anis sangat senang dengan semangat dan kerja para entrepreneur ini. Dengan semangat dan energi yang besar seperti ini, ia sangat yakin bahwa Indonesia kelak akan menjadi negara yang besar. Untuk melengkapi modal semangat dan kerja keras para pebisnis startup, diperlukan sebuah panduan yang jelas agar bisnis yang tengah digarap berjalan dengan baik dan sesuai dengan target.

StartupPedia dinilai akan sangat membantu mereka para pemula startup untuk belajar beberapa hal penting di dunia bisnis seperti strategi pengembangan, model bisnis, dan manejemen perusahaan. Seringkali hal-hal ini kurang diperhatikan oleh para pemula.

StartupPedia sedikitnya berisi 6 buah materi dasar yang wajib diketahui dan dipelajari oleh para pemla startup. Keenam materi dasar ini nantinya sangat berguna untuk menciptakan sebuah startup yang sehat dan terus berkelanjutan. Keenam materi yang dimaksud yaitu pembentukan team, penciptaan sebuah produk, perlindungan produk dengan paten, pemasaran produk termasuk sistem digital marketing, penerapan strategi pembiayaan yang tepat, dan penetapan exit strategy.

Dari keenam poin dasar bisnis startup, pembentukan team menjadi poin yang paling penting. Lihat saja seorang  Mark Zuckerberg yang merupakan seorang pendiri Facebook. Berkat rekannya, Sandberg, Facebook berkembang dengan sangat pesat bahkan hingga sampai saat ini Facebook menjadi media sosial paling laris manis di dunia.

Terlebih lagi dengan dukungan teknologi internet yang kini makin meluas. Keduanya sangat cocok menjadi partner. Tak heran jika Mark dan Sandberg tak hanya dikenal sebagai entrepreneur muda, saja, melainkan technopreneur sejati. Produk juga memiliki kontribusi yang sangat penting setelah team untuk memiliki startup yang sehat dan terus berkembang. 

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#fenox #startuppedia #founder # Anis Uzzaman

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×