Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

Canggih! Salah Satu Sekolah di Bintaro Gunakan Apple TV sebagai Media Pembelajaran Digital

Startup

Rating : (152)
Kemajuan teknologi sebagai salah satu media yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar para siswa.


sumber: techsmash.net



Kali ini Grevia akan berbagi informasi seputar penggunaan teknologi canggih di dunia pendidikan Indonesia. Salah satu sekolah tingkat menengah atas di Bintaro, British School Jakarta (BSJ), menawarkan cara belajar yang berbeda pada para siswanya. Tiap kelas difasilitasi sebuah perangkat Apple TV canggih sebagai media pembelajaran digital.

Lantas, apakah efektif? Paul Martindale selaku IT Manager BSJ mengatakan bahawa tak ada salahnya pihaknya memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai salah satu media yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar para siswa. Apple TV, seperti yang kita ketahui, menggunakan teknologi AirPlay di mana perangkat yang dinilai tepat bagi para staff pengajar untuk berbagi konten pendidikan.

Teknologi AirPlay sendiri merupakan jenis teknologi teranyar dari Apple di mana teknologi ini mampu menjadikan berbagai jenis perangkat Apple seperti MacBook dan iPad untuk mengirimkan beberapa jenis konten streaming seperti musik, video, dan gambar ke Apple TV. Menariknya lagi, pengguna juga dapat berbagi tampilan layar ke beberapa jenis perangkat lain dengan menggunakan Apple TV ini. Misalnya, seorang pengajar dapat berbagi dokumen atau gambar yang terdapat pada layar iPad miliknya langsung pada semua siswa di kelas melalui Apple TV yang sedang menayangkan gambar atau dokumen tersebut.

Meski ruang sudah dilengkapi dengan fasilitas canggih Apple TV ini, pihak sekolah tetap menggunakan buku pelajaran fisik sebagai acuan utama. Untuk menambah pengetahuan para siswa, BSJ juga menambahkan fasilitas belajar lainnya berupa buku-buku digital (textbook). Textbook ini dapat diakses secara langsung dan secara bersamaan oleh para siswa dalam sebuah kelas melalui perangkat Apple TV. Implementasi metode belajar ini tergolong sukses. Hal ini dapat dibuktikan dari pernyataan banyak siswa yang mengatakan sangat menyukai cara belajar dengan menggunakan Apple TV.

Secara teknis, seorang pengajar akan memutarkan sebuah video dengan menggunakan Apple TV, kemudian setelah video selesai diputar, pengajar akan meminta para siswa untuk mendiskusikan isi video. Mengapa Apple TV yang terpilih sebagai media belajar? Pihak sekolah mengatakan bahwa semua siswa di BSJ menggunakan perangkat Apple seperti MacBook dan iPad sehingga memudahkan staff pengajar dalam membagikan konten pelajaran secara langsung pada para siswanya. Para siswa menganggap bahwa mereka merasa keren karena telah memanfaatkan teknologi canggih di kelas mereka.

Sistem belajar seperti ini nampaknya bisa menjadi peluang besar para para technopreneur untuk mengembangkan materi-materi pembelajaran yang berbasis digital. Ini adalah ide startup yang sangat bagus dan potensial karena hanya sedikit orang saja yang memiliki keahlian yang mumpuni untuk menciptakan media pembelajaran yang canggih. Para kreator pun dapat memanfaatkan sistem digital marketing untuk mempromosikan produk inovatif mereka ke sekolah-sekolah yang menggunakan sistem pembelajaran digital.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#apple #apple tv #bintaro #British School Jakarta #mac

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×