Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

4 Cara Mudah Mendapat Talent Terbaik Untuk Startup Perusahaan Kecil

Startup

Rating : (145)
Tips tentang bagaimana mencari dan menemukan karyawan yang tepat saat anda menjalankan startup.


startup (blog.press42.com)



Pamerkan kekuatan startup Anda dengan terlibat aktif dalam sejumlah komunitas untuk mencari kandidat dengan talent terbaik.

Persaingan mendapat talent terbaik untuk startup perusahaan kecil jelas terasa semakin sulit. Selain membutuhkan pengakuan brand dan anggaran cukup, talent terbaik dibutuhkan supaya perusahaan dapat bersaing sehat di pasaran. Dengan talent berbakat pastinya selalu ada produk berkualitas yang layak diadu dengan sejumlah perusahaan besar. Untuk itu, berikut diberikan 4 cara mendapat talent terbaik:

Unjuk Kekuatan Startup anda

Pamerkan kekuatan perusahaan Anda dengan terlibat aktif dalam sejumlah komunitas yang ada seperti GEPI, Startup Grind, Echelon, dll misal dengan menjadi sponsor seminar, konferensi, atau acara meetup dan networking lainnya. Dengan membangun dan unjuk kekuatan Anda telah berupaya mengundang para talent agar tertarik datang.

Bangun Tim Kecil yang Kompak

Sebagian perusahaan besar biasanya memilah pekerjaan dengan sangat spesifik. Meski perusahaan Anda masih berskala kecil tidak perlu pesimis. Masih ada kemungkinan untuk mengasah talent dengan mengambil kesempatan dan tanggung jawab yang lebih luas. Misalnya tawarkan calon talent untuk belajar sehingga dapat meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki.

Lakukan pula pertemuan internal rutin untuk semua tim guna identifikasi masalah yang ada. Cara ini cukup efektif membuat karyawan merasa dipercaya dan didengarkan pendapatnya sehingga bersemangat. Tahap ini pun penting dalam startup perusahaan kecil.

Pantau Perkembangan

Tugas Anda selaku perekrut tidak lantas selesai setelah talent berbakat menerima tawaran yang diajukan. Bahkan tahapan tersebut sebenarnya baru titik awal. Sebagai perekrut Anda memiliki tanggung jawab melakukan pemantauan kinerja. Cek dan pantau perkembangan kerja talent.

Dalam hal ini penting pula untuk mencari tahu apakah talent Anda merasa kewalahan dalam pekerjaan, merasakan kebosanan, atau malah merasa tertantang sehingga makin semangat bekerja. Pastikan Anda yang mengetahui hal tersebut pertama kali. Sehingga Anda dapat memastikan talent tersebut masih berada di jalur yang tepat.

Jangan Terlalu Menekan

Talent berbakat yang Anda miliki tetaplah seorang manusia yang bisa saja sakit. Karenanya hindari terlalu menekan talent untuk startup perusahaan kecil Anda. Pastikan untuk menawarkan tawaran gaji yang sesuai dengan kinerja dan perkembangannya. Namun, pastikan pula untuk tetap fokus pada visi dan misi perusahaan.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#startup #tim #talent #staff #merekrut karyawan

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×