Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

Jangan membangun startup jutaan dolar

Startup

Rating : (151)
Memiliki ide untuk startup jutaan dolar tidak selalu benar.




Fokuslah memulai startup berskala jutaan rupiah, yang realistis dan sustainable.

Rasanya, hampir seluruh Founder Startup selalu membayangkan betapa kerennya seandainya memiliki Startup yang bernilai jutaan dolar, mendapat dukungan dan dana dari VC atau investor (membayangkannya saja, itu sangat sexy).

Anda bebas dari financial anda, anda memiliki banyak waktu luang bersama keluarga dan bisa santai menjalani kehidupan yang terasa berat oleh sebagian orang.

Anda sudah memiliki ide besar dan siap menjalankan bisnis anda karena tertarik dengan itu semua.

Namun, saya memiliki kabar buruk untuk anda.

Lupakan bayangan dan impian menjadi CEO dari perusahaan, yang bahkan masih berupa ide di pikiran anda tersebut.

Lupakan ide-ide besar itu...Lupakan...

Anda tidak bisa membangun suatu startup dengan modal yang sangat besar dan langsung berhasil di percobaan pertama (apalagi jika anda adalah entrepreneur pemula). Anda harus banyak mengalami kegagalan, agar anda mengerti harga sebuah pengalaman entrepreneur, banyaknya waktu dan kerja keras sekian tahun untuk membangun sebuah produk, agar anda mengerti 'racikan bumbu' apa yang tepat untuk bisnis anda.

Contohnya twitter, jejaring sosial yang membatasi user untuk mem-tweet status dengan batasan 140 kata, yang pada awalanya merupakan side-project dan tidak dianggap.

Saran saya, mulailah dengan ide bisnis kecil yang berskala jutaan rupiah. Tujuannya adalah agar anda bisa berlatih, mengembangkan kemampuan entrepreneurship anda bersamaan dengan mempelajari model bisnis yang umum digunakan startup pada umumnya.

Setelah bisnis jutaan rupiah anda mampu berjalan dan beroperasional dengan baik, anda tinggal menggambarkan visi misi untuk scaling up perusahaan, melakukan inovasi produk dan bisa mencari investor dikarenakan anda sudah memiliki pengalaman bagaimana cara membuat produk yang baik yang dikenal oleh banyak orang.

 

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#ide #startup

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×