Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

3 langkah awal untuk mengeksekusi ide anda membangun startup

Technopreneurship Startup

Rating : (162)
Jika anda ingin memulai startup, anda harus mengetahui beberapa langkah awal yang akan menjadi dasar untuk mengeksekusi ide anda tersebut.


Ilustrasi memulai ide startup



Belakangan ini, anda telah banyak berpikir mengenai langkah awal untuk memulai perusahaan anda yang masih dalam angan-angan. Anda juga sudah punya ide untuk membangun startup.

Namun dari banyaknya ide tersebut, tidak ada satupun yang anda mulai karena memulai dari mana. Tidak ada langkah pertama yang anda buat untuk mewujudkan ide-ide anda tersebut.

Kali ini, Grevia akan membantu anda, untuk menentukan beberapa langkah krusial awal yang sangat penting untuk membuat anda bisa menentukan kerangka kerja awal dan berkomitmen dengan ide startup pilihan anda.

Jika memang anda sudah memiliki ide, mulailah

1. Buat lah prototype (website, produk) dengan Minimum Viable Product - MVP

Tuangkanlah ide anda menjadi suatu website atau prototype yang bisa dilihat orang lain. Seeing is believing, begitulah sebuah peribahasa yang menjelaskan bahwa orang harus melihat suatu produk(jika produk harus ada fisiknya, jika ide harus ada situs/web), baru mereka bisa percaya dengan ide anda.

2. Carilah co-founder

Ada pernyataan yang menyebutkan, bahwa mencari co-founder lebih sulit dibanding mencari calon istri/suami. Anda akan menghabiskan 80% waktu anda bersama dia. Saya setuju dengan pernyataan tersebut, namun akan lebih baik jika anda memiliki partner untuk teman berdiskusi dan berbagi tugas.

3. Luncurkan produk ujicoba ke pasar & dengarkan kritik saran.

Jika anda sudah membuat website, buatlah fitur untuk menampung kritik dan saran.
Hal ini penting karena, anda akan mendapat banyak sudut pandang dan masukan jujur dari orang lain yang menaruh minat pada ide anda.

 

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#startup #ide startup #mvp #minimum viable product #co founder #prototype

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×