Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

7 Marketing Campaign super efektif untuk Early Stage Startup

Marketing and Sales Technopreneurship Startup

Rating : (28)
Ulasan marketing tools efektif yang sebaiknya digunakan dalam startup yang masih dalam tahap early stage.


sumber: www.digitallabs.in

Saat startup anda dalam tahap early stage, ada 3 marketing strategy super efektif, yaitu : 

1. Buatlah banyak pemberitaan dengan menulis artikel perjalanan founder dan pengenalan produk anda

Saat masih early stage atau startup anda baru diluncurkan, anda sangat tidak disarankan memulai iklan Google / Facebook ads dengan budget marketing. Startup anda tidak perlu itu, tetapi : 

- jalinlah hubungan baik dengan para jurnalis tech media

- buatlah blog / artikel tentang bagaimana dan mengapa anda membangun startup anda hingga di tahap tersebut

contoh yang bagus adalah tokopedia, yang foundernya merilis blog tokopedia berisi tentang perjalanan mereka dari awal berdiri hingga mereka mendapat investasi serie B hingga jutaan dolar untuk meningkatkan publikasi Tokopedia sendiri. Euforia yang ditimbulkan dari artikel tersebut sangat berdampak besar dan menjadi titik balik kisah sukses para calon founder untuk memulai startup di Indonesia

2. Buatlah landing page dan halaman subscribe untuk mendapatkan database calon pengguna awal.

Landing page adalah sebuah halaman khusus yang berisi informasi tentang website anda.

Jika anda sudah membuat website untuk startup anda (ya, buatlah secepat mungkin website sederhana, dengan blog, wordpress, dll anda butuh itu) buatlah sebuah halaman Landing page sederhana untuk para calon pengguna anda mendaftar yang tersimpan ke database. 

3. Email blasting untuk promosi dan melacak aktivitas pengguna.

Email blast adalah sebuah marketing tools yang sangat powerful, yaitu proses pengiriman email berisi informasi yang telah anda buat ke seluruh calon member anda. Untuk menjalankan email blast, anda bisa menggunakan third party seperti mailChimp, ataupun inHouse, dimana anda menyediakan script untuk mengirim email ke database member anda.

Semua link dalam email blast biasanya mengarah ke website kita dan disertai url tracking untuk melacak aktivitas pengguna yang mendapat email kita. Pastikan anda mengetahui cara mengukur aktivitas ini, atau jika tidak akan saya jelaskan dalam artikel berikutnya.

4. Social media

 Dengan banyaknya pengguna Facebook, Twitter, Instagram, dll, anda dapat dengan mudah membuat akun resmi website anda agar memudahkan komunikasi dan menjaga branding ke pelanggan anda.

5. SEO

Metode pemasaran organik dan jangka panjang yang sangat direkomendasikan adalah SEO. SEO berkaitan erat dengan konten dan artikel yang ada di website anda. Pastikan di website anda tercantum berita dan artikel yang dapat membantu pengguna anda, bisa seputar press release ataupun tips-tips yang berhubungan dengan produk anda. 

6. Freemium

Konsep peluncuran produk website anda yang dibagi menjadi 2 yaitu free user, pengguna gratis dengan fitur terbatas dan premium user, pengguna berbayar yang mendapat fitur lebih advanced. Rasio premium user dengan freeuser biasanya 1:100 atau 2:100. Jika produk anda bisa meng-generate rasio lebih dari 2% tersebut, artinya animo pelanggan terhadap produk anda sangat baik dan anda bisa menaikan harga produk anda secara berkala.

7. Referral

Referral adalah metode marketing yang menggunakan skrip untuk melacak kode referal dari pengguna member yang sudah aktif, untuk mengukur berapa banyak tambahan member yang bergabung dalam situs kita. Para agen referal akan mendapat bonus seperti dalam contoh kasus situs penyimpanan online Dropbox, setiap user yang berhasil mereferensi user lain melalui link referal, mendapatkan tambahan kuota sebesar 250 - 500 MB.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#early stage startup #digital marketing #digital campaign #marketing campaign #email blasting #url tracking

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×