Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

5 Tahap Pendanaan Investasi yang umum diperoleh Startup

Technopreneurship Startup

Rating : (114)
Beberapa tahap pendanaan yang umumnya dapat diperoleh startup dari investor.


credit: www.gotcredit.com

Artikel ini dirangkum dari event bersama Ferry Tenka, ex Co-Founder Disdus (sekarang diakusisi Groupon) membagi pengalaman tentang pitching & raisefunding selama di Disdus.

Saat anda menjalankan startup, anda akan membutuhkan banyak sekali dana seperti menyewa kantor, menyewa pekerja, menyiapkan dana untuk marketing campaign, dan sebagainya. Ada 2 cara untuk mendapatkan pendanaan ini, yaitu

1. Anda bisa mendapatkan dana dari hasil tabungan anda (istilahnya Bootstrap - yaitu menggunakan uang pribadi anda) atau..

2. Mencari & pitching ke investor untuk mendapat dana dengan pembagian Equity / saham startup anda.

Beruntungnya anda, di era sekarang ini, sudah banyak investor baik asing maupun lokal yang berani berinvestasi pada startup khususnya Asia. Akses dan pitching ke investor sudah tidak sesulit dulu lagi berkat kesuksesan para Founder hebat dari startup lokal seperti tokopedia, disdus, dll yang akhirnya melihat Indonesia sebagai target investasi yang sangat potensial.

Jika anda ingin mencari investor untuk pendanaan, ada baiknya anda memahami beberapa stage dalam mendapatkan investasi ini : 

  1. Pre-seed / Seed funding : tahap awal pendanaan
    Pendanaan : $50k - $600k. 
    Investor : Cyber agent Ventures, Fenox, East Ventures, GEPI, ANGIN

  2. Series A : tahap lanjutan (tahap kedua) pendanaan startup setelah seed funding. Startup tahap ini umumnya sudah memiliki beberapa produk yang matang dan mendapat beberapa klien / income yang lumayan, namun masih membutuhkan inovasi untuk terus growth.
    Pendanaan : $600k - $3 juta.
    Investor : Fenox Capital, Skystar Ventures

  3. Series B : tahap lanjutan setelah series A. Pada tahap ini Startup umumnya sudah berumur 2 - 4 tahun, keuangan perusahaan akan diaudit oleh auditor publik sebelum dana masuk oleh investor untuk mengetahui kondisi riil kas perusahaan. Ferry juga mengatakan, ada kemungkinan Investor akan menaruh CFO eksternal untuk memonitor kesehatan cashflow startup.
    Pendanaan : $5 juta - $20 juta. 

  4. Series C : Pada tahap ini perusahaan biasanya sudah mencapai tahap mature / dewasa. Umumnya dana funding ini digunakan untuk ekspansi produk dan membuka cabang secara nasional (ataupun internasional). Biasanya pendanaan yang diberikan sebesar $25 juta - $100 juta.

  5. IPO(Initial Public Offering) : tahap akhir pendanaan, dimana perusahaan anda akan go public dan dijual sahamnya di pasar terbuka / Bursa efek. Normalnya, startup memerlukan waktu minimal 5-10 tahun sebelum akhirnya memberanikan diri untuk IPO karena prosesnya yang sangat rumit.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#funding #raise funding #pendanaan #investor #cyberagent ventures #fenox capital #east ventures

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×