Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

Mengapa Deadline Baik untuk Memicu Kreativitas

Startup

Rating : (23)
Beberapa alasan mengapa deadline itu baik untuk memacu kreativitas anda dalam menyelesaikan project.


Memiliki deadline akan memacu anda untuk mengeluarkan ide-ide kreatif anda secara intens

Apakah anda ingat kapan terakhir kali anda merasa kepepet ? Betapa banyaknya adrenaline, emosi dan kengerian seandainya deadline anda, tidak bisa anda selesaikan tepat waktu. Ya, betapa momen kepepet itu sangatlah "mengerikan" namun sangat powerful untuk membuat seseorang mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Saya masih ingat, saat terakhir kali saya mengerjakan project saat saya masih kuliah di semester akhir, semua perasaan bercampur aduk, mengingat jika saya tidak berhasil mengerjakan aplikasi tersebut dalam tempo beberapa minggu, untuk sidang dengan dosen penguji, maka saya dipastikan akan telat lulus kuliah tepat waktu.

Beberapa hari menjelang hari H, adrenalin saya memuncak, dan tiba-tiba saya bisa mengerjakan seluruh pekerjaan dengan baik dan menyelesaikan project tersebut dengan sukses.

Setelah saya pelajari, inilah beberapa alasan mengapa entrepreneur sebaiknya mengatur Deadline : 

  1. Memiliki target jangka pendek dan jangka panjang. Demi kemajuan project / bisnis anda, anda akan dituntut untuk menentukan apa yang bisa dikerjakan dalam waktu dekat dan visi misi jangka panjang dari bisnis anda. Jika anda tau apa yang ingin dicapai dalam 2 atau 5 tahun berikutnya kehidupan anda, besar kemungkinan anda akan berhasil, dan sebaliknya.

  2. Mengetahui progress dan prioritas utama pekerjaan. Saat anda menentukan deadline sebuah listing pekerjaan, anda akan melihat banyak pekerjaan yang ternyata terdiri dari prioritas yang rendah. Namun, anda sudah bisa menentukan mana pekerjaan mana yang harus diprioritaskan lebih dahulu.

  3. Memacu seluruh ide kreatif & potensi anda. Memiliki deadline akan memacu anda untuk mengeluarkan ide-ide kreatif anda secara intens. Karena berpikir kreatif itu bisa dilatih, maka anda akan lebih memiliki banyak ide ketika anda sudah terbiasa membebaskan pikiran anda.

    Terasa aneh memang, kondisi kepepet itu langsung memacu kreativitas sebagian orang (jika anda pekerja kreatif anda mungkin paham :))

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#kepepet #kreatif #deadline #entrepreneur #motivasi

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×