Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

3 Pengetahuan Dasar sebelum memulai startup

Startup

Rating : (39)
Sebelum memulai sebuah bisnis baru, ada 3 hal penting yang harus anda pelajari terlebih dahulu.


perencanaan (sumber : flickr - tec_estromberg)

Usahakan biaya marketing anda stabil dan gunakanlah seluruh media digital yang bisa diukur seperti PPC, FB ads, Google adwords untuk bisa menemukan angka conversion acquiring membe

Memulai sebuah bisnis yang baru adalah impian semua orang. Namun, tidak banyak yang mengetahui apa saja persiapan yang dibutuhkan untuk memulai langkah awalnya. Jika anda ingin memulai menjadi seorang pengusaha, anda sebaiknya harus memiliki 3 pengetahuan dasar ini :

1. Modal untuk 9 bulan pertama. Bulan pertama anda memulai bisnis, anda tidak akan menghasilkan keuntungan kecuali anda terjun ke e- Commerce. Bahkan sebagian startup memerlukan waktu beberapa saat untuk menghasilkan revenue, tergantung dari jenis model bisnis, klien anda, dll

Anda harus bisa merencanakan, membandingkan dan memiliih dari seluruh konsep monetization yang paling sesuai, sebelum akhirnya menetapkan model ataupun strategi bisnis untuk mendapat uang tunai secepatnya.
 

2. Pemasaran dan Penjualan. Awal mendirikan bisnis anda adalah saat terbaik dan terberat untuk anda memasarkan produk anda. Umumnya besaran biaya marketing adalah 10% - 30% dari total keuangan perusahaan.

Usahakan biaya marketing anda stabil dan gunakanlah seluruh media digital yang bisa diukur seperti PPC, FB ads, Google adwords untuk bisa menemukan angka conversion acquiring member dari ads campaign yang paling efektif.

Anda mungkin harus mempelajari bounce rate dan conversion user dari setiap iklan tersebut untuk akhirnya menentukan iklan mana yang paling efektif untuk anda gunakan seterusnya.

3. Buatlah produk anda secepat mungkin. Jika produk anda adalah jasa / produk teknologi, umumnya anda menghabiskan 3 bulan untuk membangun "produk" anda. Jangan mengejar fitur yang terlalu lengkap, karena anda akan kehilangan momentum dan traksi yang startup anda butuhkan untuk naik level.

Tidaklah mengapa, jika produk awal anda tersebut memiliki banyak kelemahan, seiring waktu anda akan mendengarkan masukan-masukan berharga dari para pengguna produk anda. Twitter, pada mulanya hanya memiliki fitur dasar untuk tweet dan dibatasi hanya 140 kata. Namun ternyata dibalik semua keterbatasan itu, para pengguna menyukai konsep ini dan twitter bertahan hingga sekarang sudah melewati fase IPO.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#startup

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×