Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

3 Poin Utama Tentang Pentingnya Memiliki Attitude yang Baik

Pengembangan Diri Karir Profesional Technopreneurship Marketing and Sales

Rating : (91)
Memiliki attitude atau sikap yang baik sangatlah menentukan posisi anda saat melamar kerja di perusahaan ataupun mulai membangun usaha sendiri.


Attitude



Bersikap baik itu sendiri sebenarnya adalah hal dasar dari kehidupan sosial antar manusia bahwa kita memerlukan orang lain dalam hidup ini.

Dalam beberapa kali pengalaman saya bekerja di dunia korporasi, terkadang saya suka gemas melihat banyaknya staff / rekan kerja yang tidak memiliki etika ataupun respect. Hal ini sangatlah sepele menurut saya, namun membawa pengaruh yang cukup besar terhadap kemajuan perusahaan. 

Bersikap baik itu sendiri sebenarnya adalah hal dasar dari kehidupan sosial antar manusia bahwa kita memerlukan orang lain dalam hidup ini.

Jika anda perhatikan seksama, betapa pentingnya attitude di dunia kerja sebenarnya bisa terlihat dari ketatnya perusahaan rekrutmen yang menggunakan banyak psikotes, seperti wartegg tes, tes logika, sebagai acuan sehingga terlihat kemampuan EQ (Emotional Quotioent) dan IQ (Intelligent Quotient).

Contoh lainnya adalah jika ada seorang karyawan baru yang bekerja di tempat kita, sangat disarankan untuk kita mengenalkannya ke relasi-relasi sekantor, bahkan sampai ke direksi. Hal ini bisa membuat sang karyawan baru tersebut punya rasa dihargai di perusahaan dan kebersamaan yang lebih tinggi karena seluruh staff sampai direksi mau mengenal dan berjabat tangan.

3 hal penting mengenai pentingnya Attitude

1. Attitude mengalahkan Hard skill. Skill bisa dipelajari, namun attitude sangat sulit diubah. Seseorang dengan sifat dan kepribadian tertentu, biasanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini biasanya bisa terlihat melalui psikotes yang dilakukan, dan memiliki porsi yang besar dalam penentuan apakah karyawan ini akan direkrut atau tidak. Biasanya perusahaan akan memilih orang dengan kepribadian yang mudah beradaptasi, terbuka dan rendah hati, karena mereka harus bisa ditempatkan dimanapun.

2. Attitude memungkinkan karyawan lebih kompak. Dengan saling menjaga respect, produktivitas perusahaan bisa meningkat dengan tajam. Sesama karyawan bisa lebih berkomunikasi dengan baik, menyampaikan keluhan dan masukan mengenai kesulitan yang terjadi antar divisi.

3. Attitude membuat segala macam masalah beres. Semua orang senang merasa dihargai. Bahkan, jika anda memiliki atasan yang sangat senang marah-marah, sekalipun. Memang, terkadang kita akan selalu menemukan hard people (orang yang sulit diajak kerja sama) namun tenang saja jika anda memiliki attitude yang baik, bukan tidak mungkin orang tersebut akan luluh dan menjadi teman baik anda yang kooperatif dengan anda, seperti yang saya alami. :) jika anda tetap konsisten.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#attitude #sikap kerja #karir #pengembangan diri

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2018 Grevia Networks.
×