Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

Inilah 5 Budaya Sukses Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru

Pengembangan Diri Karir Profesional

Rating : (62)
Orang Jepang memiliki banyak sekali prinsip kehidupan yang menyebabkan negara mereka bisa berkembang dan memimpin sebagian industri global.


Bendera Jepang



Meski terletak di daerah rawan gempa dan beberapa kali mengalami musibah tsunami ataupun gempa, Jepang selalu berhasil come back dan tidak terpuruk.

Terkenal dengan industri teknologi, manga, dan memimpin sebagian pasar industri Internasional, membuat Jepang menjadi salah satu negara terbaik. Meski terletak di daerah rawan gempa dan beberapa kali mengalami musibah tsunami ataupun gempa, Jepang selalu berhasil come back dan tidak terpuruk.

Memang, negara matahari ini memiliki banyak sekali cerita menarik di balik kesuksesan para warganya, sebagai hasil dari pemerintah yang sangat menghargai warisan tradisional dan sejarah dari moyang terdahulu mereka. 

Menurut saya, ada alasan mengapa orang Jepang punya kultur dan budaya kerja yang lebih baik: yaitu karena mereka sudah dididik sejak kecil untuk bisa menghadapi semua hal. Tidak memiliki banyak hasil alam yang bisa diolah, namun hal ini membuat mereka menjadi negara yang sangat mengandalkan kerja keras untuk terus mengalahkan negara lain.

 Berikut beberapa poin dari kultur budaya Jepang yang wajib diikuti : 

- Super kreatif & Berani Berinovasi

Jepang menjadi pemimpin pasar dengan banyaknya manga yang diakui dunia internasional seperti Naruto, One Piece, Dragon Ball, dll. Diiringi dengan banyaknya komikus berskala internasional, menjelaskan mengapa industri kreatif di Jepang menjadi pasar yang sangat potensial.

 
- Tidak pernah putus asa meski mengalami banyak musibah

Meski terkena musibah seperti bom nagasaki, meledaknya reaktor nuklir dan tsunami, Jepang masih memimpin sebagian industri padat karya di dunia internasional. Ciri khas orang Jepang yang kompak saling membantu dan tidak putus asa, membuat perekonomian negara cepat pulih dari besarnya kerugian yang ada.


- Sangat mandiri dan bisa diandalkan

Rata-rata orang jepang usia muda sudah mandiri ketika selesai sekolah tinggi (standar disini sekolah SMA). Selain itu, orang Jepang juga selalu menunduk dan berterima kasih kepada lawan bicara sebagai tanda hormat antar sesama. Iklim sosial seperti ini kadang sulit kita rasakan di Indonesia, dimana tingkat individualistis perlahan semakin kuat dan lunturnya etika saling menghormati, khususnya di dunia kerja yang kadang masih memandang senioritas.

 
- Bekerja hingga tuntas dan loyal kepada perusahaan.

Orang Jepang terkenal dengan kedisiplinannya dalam segala hal. Mereka biasanya bekerja berorientasi target dan sangat jarang berpindah perusahaan. Loyalitas masih dipegang sangat kuat.

- Budaya super ramah dan Malu yang tinggi

Jika anda ke jepang dan bertanya tentang alamat, anda akan diantar langsung oleh orang yang anda tanyakan ke tempat tersebut. Jika lokasinya jauh, maka anda akan dibantu untuk rute dan arahnya secara detail. 

Jepang juga terkenal dengan samurai yang melakukan harakiri (bunuh diri) dengan alasan menjaga harga diri, rasa malu, ataupun balas dendam. Perlahan hal ini juga bisa tercermin dari menteri yang mundur jabatan karena diberitakan tersangkut kasus.

 

 

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#jepang #kebudayaan #

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×