Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

4 Cara Menjadi Karyawan Super

Pengembangan Diri Karir Profesional

Rating : (183)
Sebagai seorang karyawan, sangatlah penting untuk bisa meningkatkan karir seiring waktu dengan beberapa tips untuk menjadi karyawan super di tempat an


Ilustrasi seorang karyawan



Karyawan super adalah sebuah istilah yang saya gunakan untuk menggambarkan betapa potensialnya seorang individu untuk bisa terus meningkatkan kemampuan, bakat dan karirnya.

Memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan, membuat saya menyadari beberapa hal tentang kebiasaan menjadi karyawan super, yang sangat penting untuk karir saya di masa depan. Mentalitas atau mindset anda saat menjadi karyawan akan menjadi cerminan bagaimana anda saat mulai membangun usaha anda.

Karyawan super adalah sebuah istilah yang saya gunakan, untuk menggambarkan betapa potensialnya setiap individu yang mau terus berusaha meningkatkan kemampuan, bakat dan karirnya. Untuk menjadi karyawan super jika saat ini anda bekerja dengan gaji 3 juta sebulan,  anda tahun depan harus bisa mendapatkan gaji minimal 4 / 5 juta dan seterusnya 6 / 7 juta, dst.

Inti dari istilah karyawan super ini adalah bagaimana memacu diri dan bakat kita untuk tidak memiliki zona nyaman dan terus memaksimalkan potensi kita dalam kurun batas waktu tertentu, sehingga mengalami perkembangan seiring tahun dan ada tolok ukurnya (untuk contoh ini gaji, bisa juga berupa pemikiran, ataupun mental pengusaha).

 Berikut ini beberapa poin tentang bagaimana menjadi karyawan super : 

 - Punya rasa memiliki seperti seorang Direksi

Meski status saya sebagai karyawan, saya sering memposisikan diri saya sebagai "direksi" (pemilik perusahaan) dari perusahaan tempat saya bekerja. Hal ini bukan lah tanpa sebab, dengan berpikir sebagai founder dari tempat saya bekerja, saya melatih rasa memiliki dan tanggung jawab saya ke perusahaan agar terus berpikir kritis dan bisa berkembang.

- Tidak memiliki zona nyaman

Tidak banyak orang yang sadar bahwa Zona nyaman sebenarnya adalah pembunuh nomor satu dimanapun anda bekerja. Zona nyaman akan membuat anda tidak mempelajari banyak hal - hal baru (yang anda butuh ataupun tidak anda butuhkan sekalipun) yang pastinya akan membuat diri anda lebih baik dari orang lain pada umumnya.


- Ritme kerja yang seimbang

Jika anda bekerja sebagai karyawan dan juga memiliki bisnis sampingan, anda harus bisa memisahkan keduanya sesuai porsinya masing-masing. Saat jam kantor, anda harus optimal dalam mengerjakan pekerjaan anda secara profesional. Lalu setelah pulang kerja, baru anda boleh mengerjakan bisnis sampingan anda.

Bekerja hingga larut lembur pun bukanlah sebuah pola kerja yang baik, karena waktu anda bersama keluarga tersita, bisa jadi keluarga anda di rumah merasa kecewa pada anda hingga keharmonisan keluarga bisa terganggu.
 

 - Komunikasi dan Attitude kerja yang baik

Bagi sebagian orang, sikap atau kerendahan hati terasa tidak penting, namun bagi saya hal ini adalah hal besar. Menurut saya, rasa hormat sesama staff dan atasan itulah yang membuat seseorang bisa betah bekerja hingga puluhan tahun di sebuah perusahaan. 

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#karyawan super #startup #attitude

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :         
Daftar Email anda ke newsletter.
Copyright © 2011 - 2022. Grevia Networks
×