Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

Tips Berwirausaha Dengan Mengetahui Passion Anda

Startup

Rating : (169)
Sebelum memulai usaha, sebaiknya kalian mengetahui apa passion anda




Passion akan menjadi bahan bakar anda untuk memulai sebuah usaha.

Di dalam dunia wirausaha, kamu mungkin pernah mendengar tips dari para senior atau entrepreneur sukses tentang seberapa pentingnya menjalankan pekerjaan sesuai passion yang kamu miliki. Apa itu passion ? Binatang apakah itu yang sering dibicarakan orang-orang?

Passion itu adalah suatu kegiatan(umumnya hobi atau ketertarikan) yang dilakukan oleh seseorang dimana orang itu merasa tertarik, mempelajari dan melakukan kegiatan tersebut meski tanpa imbalan. Contoh: anda adalah seorang pembaca buku. Suatu saat anda tertarik untuk menulis, dan mengetahui, ternyata tidak mudah menulis sebuah artikel atau cerita pendek yang hanya beberapa puluh kata, namun anda merasa tertantang dan ingin menghasilkan karya tulis.

Anda cukup puas, namun anda sadar bahwa buku itu sangat banyak kekurangannya karena itu adalah pengalaman pertama anda menulis buku. Tanpa ada sadari, anda terus belajar dan berlatih, mencari referensi hingga akhirnya anda menghasilkan karya tulis berupa sebuah buku. Namun anda tidak puas sampai disitu.

Anda terus mencari kelemahan dari buku anda tersebut dan menulis beberapa buku dengan perbaikan secara terus menerus. Anda sadar bahwa ternyata menulis adalah passion anda. Perasaan kepuasan hati itulah yang anda butuhkan dalam berbisnis, karena biasanya(pastinya) roda bisnis itu mengalami naik dan turun.

Ketika bisnis anda sepi, anda membutuhkan passion anda untuk terus bertahan dan menentukan langkah selanjutnya. Bisnis itu harus dimulai dari passion atau sering disebut orang dari hobi.

Ciri-ciri utama passion seseorang:

- Anda bersedia melakukannya tanpa dibayar sekalipun.

- Anda tidak mudah puas dan terus mencari tahu hal seputar itu.

- Waktu terasa cepat berlalu saat anda melakukan hal itu.

- Kepuasan yang tidak ternilai ketika anda berhasil menyelesaikan hal itu. Saat ini sudah banyak sekali bisnis yang bermula dari passion itu seperti

- Steve Jobs, sang pendiri Apple yang memiliki passion untuk menghadirkan teknologi dan gadget canggih untuk para pelanggannya atau

- Larry Page dan Sergey Brin, Google, yang saat itu memiliki passion untuk membuat mesin pencari untuk memudahkan pencarian di internet.

Lalu apakah anda sudah menemukan passion anda ?

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#passion #wirausaha #entrepreneur

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×