Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

4 keuntungan memulai startup sejak muda

Startup

Rating : (97)


Membangun dan memulai startup sejak muda, merupakan tantangan dan dilema di Indonesia, berbanding terbalik dengan banyaknya jumlah startup di daerah Sillicon Valley Amerika.

Sebagian orang setelah lulus kuliah, memilih bekerja di perusahaan untuk mendapat pengalaman yang menurut mereka lebih aman dibanding memulai karir sebagai entrepreneur atau pengusaha. Memang tidak ada salahnya, namun jika Bill Gates, Steve Jobs, atau Mark Zuckerberg memilih untuk menjadi karyawan rasanya tidak mungkin kita bisa mengakses facebook, menjalankan program windows atau membeli laptop Apple.

Memulai karir menjadi pengusaha dan menjalankan startup memiliki banyak sekali tantangan dan keuntungan. Keuntungan memulai startup sejak remaja :

Pengalaman
Memulai bisnis adalah sebuah kerja keras, tapi beberapa orang berkata itu adalah pekerjaan terbaik di dunia. Anda yang membuat keputusan, berpikir dari sudut pandang baru dan menikmati hasil usaha Anda. Apakah merelakan waktu bermain Anda untuk menjaga kios Anda sendiri merupakan sebuah pengorbanan? Mungkin saja, tapi jika Anda mencintai bisnis Anda dan senang menjalaninya, pekerjaan Anda juga bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Belum memiliki tanggungan
Berbeda dengan orang yang sudah menikah kemungkinan besar ketika anda baru lulus, anda tidak memiliki tanggungan seperti anak atau istri. Hal ini terbukti dari beberapa Founder yang meraih sukses di umur 20-an seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg,dll Umumnya karena mereka hidup sederhana dan bisa bekerja lembur hingga larut malam berfokus pada perkembangan produk mereka.

Tantangan
Ketika masih muda, anda akan dapat menguji kemampuan Anda dan menemukan apa yang Anda mampu lakukan. Apakah Anda kreatif ? Apakah Anda seorang manager yang baik? Atau strategis? Bisakah Anda menjual? Inilah kesempatan Anda untuk mencari tahu. Walaupun Anda gagal, Anda pastinya sudah belajar banyak.

Kemampuan baru
Anda bisa bertemu dengan orang-orang dewasa yang tertarik dengan entrepreneur dan menjalin relasi dengan orang-orang yang tidak biasa Anda temui. Lalu Anda akan nyaman berbicara dalam kelompok dan menjual produk atau ide Anda, serta mempraktekkan kemampuan lain yang akan berguna sepanjang hidup Anda. Hal ini juga merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa yang bisa dituliskan saat Anda membuat surat lamaran.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#startup #entrepreneur #sillicon valley

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×